Emansipasi Wanita


"Adalah wanita di ciptakan dari satu rusuk kaum adam"

Aku percaya hal itu…

Jika pria memiliki 12 rusuk dan di ambil 1 untuk hawa, maka dapat dikatakan wanita lebih fragile dari pria dengan porsi 1:11.

Yah dapat disimpulkan wanita akan lebih 11x lebih lemah ketimbang pria…namun apakah lemah secara mental atau hanya secara fisik atau dua – duanya aku ga tahu…

Namun yang selama ini, aku pikirkan adalah…konsep EMANSIPASI WANITA…yang sangat happening dalam era sekarang ini.. dengat sangat menyesal, aku ga akan membahas terminalogi Emansipasi, karena to be honest..aku bukan ahli sastra..aku lebih ingin mengungkapkannya dalam realitas hidup..

Aku punya banyak teman pria dalam pekerjaanku sekarang…Supply chain, yah itu departemenku selama 1 tahun belakangan ini..walaupun aku hanya business partner tanpa memiliki background teknikal…hmmm denger kata teknik..aku kembali ke masa kuliahku dulu..fakultas kami bersebelahan…fakultas teknik adalah tetangga kami…aku beberapa kali makan di kantin mereka…dari segitu banyak orang – orang yang makan di situ.. mereka pasti tahu kalau aku berasal dari fakultas sebelah…walaupun ada juga wanita di fakultas mereka…tapi memang kami telihat jelas berbeda…uppppssss bukan itu yang mau kubahas..kita kembali ke konsep emansipasi wanita..

Di supply chain, aku sering mendengar kata emansipasi wanita…dan laki – laki teman kerjaku yang seringkali mengatakan itu…

bayangkan saja…mobilku pernah penuh sesak oleh teman – temanku…dan yang duduk di depan kemudi adalah aku yang notabene wanita satu – satunya…aku tidak berkeberatan walaupun dalam mobil itu aku ingat mereka mengkaitkan dengan konsep emansipasi wanita..Cuma kalau mengingat konsep penciptaan diriku yang dari 1 buah tulang rusuk adam, there must be something wrong..

Pernah juga di parkiran pabrik tempat produsen deterjen di cikarang, ada mobil yang parkir melintang di depan mobilku..aku menengok ke sekitar…ada laki – laki di depan kemudi mobil yang di parkir, yang aku ingat tadi melihatku..sekarang entah kenapa dia tampak serius membaca koran..ada juga beberapa lelaki yang sedang duduk- duduk di dekat situ, tiba – tiba mereka jadi sangat akrab dan mulai sibuk ngobrol antar mereka. Yah..akhirnya aku mendorong mobil avanza itu sendiri…yang lumayan cukup berat…hmmm I just feel something was going wrong..

Temanku di supply chain selalu bilang aku menye – menye (itu bahasa mereka yang menunjukkan manja, mellow atau apapun itu…)..aku ga tahu kenapa…terkadang aku cuma minta mereka membawa sesuatu yang cukup berat dan meminta sedikit pertolongan mereka dalam sebuah kepanitiaan..dan selalu saja mereka mengkaitkan dengan konsep emansipasi wanita…

Lebih jauh, aku jadi ingat, banyak wanita yang sekarang menduduki posisi pria baik secara strategic maupun fisik…pengemudi busway yang kemarin aku naiki adalah wanita, pengemudi taksi banyak juga yang wanita, lebih jauh…security di tempat ku bekerja..hampir setengahnya wanita..board of director ku ada juga yang wanita…bahkan presiden pun pernah…sekarang Hillary Clinton pun adalah calon kuat presiden negara besi Amerika..
hampir semua profesi sudah pernah di isi oleh wanita..

Ga salah memang konsep Emansipasi Wanita di lontarkan…hal itu memang terjadi…

Tapi aku tetap merasa…there must be something wrong?? Pikiranku terus mencari apa yang salah dan nampaknya telah kutemukan…

ini baru terlihat benar ketika prinsip ku berubah..

"wanita di ciptakan dari 6 buah tulang rusuk adam…." Seharusnya sekarang terminologynya begitu....

ini baru benar sekarang..dan terlihat nyata…kita seimbang dengan porsi 1:1…dan hal ini sesuai dengan konsep EMANSIPASI WANITA...bukan begitu???

0 comments: